Visi dan Misi

 

VISI

Visi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar yakni:

Menjadi penyelenggara program ilmu komputer yang handal dan profesional Dengan Mengitegrasikan Nilai-Nilai Agama dan Budaya di Sulawesi Barat tahun 2020.

MISI

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar mempunyai misi antara lain:

  1. Pendidikan : Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang berkarakter dapat menerapkan, mengembangkan ilmu komputer.
  2. Penelitian : Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan penelitian dibidang Ilmu Komputer dalam rangka menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi yang mampu menjadi alat pelestari kebudayaan.
  3. Pengabdian Masyarakat : Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu komputer sebagai upaya memberikan sumbangsih demi kemajuan masyarakat.

 

TUJUAN

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar memiliki tujuan:

  1. Tersedianya Sarjana Komputer yang bermoral, beretika mulia, beretos kerja yang tinggi, serta mampu menciptakan kerja mandiri dalam bidang Ilmu Komputer.
  2. Tersedianya Informasi hasil penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang ilmu komputer.
  3. Tersedianya bantuan kepada masyarakat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pemahaman dalam bidang ilmu komputer.
  4. Terbentuknya kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan dan melaksanakan pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.
  5. Terwujudnya peningkatan peran dan citra program studi melalui pembuatan database dan pemberdayaan alumni.

SASARAN

Tonggak pencapaian Fakultas Ilmu Komputer disusun dalam suatu milestone dari rencana strategis dan strategic key performance indicator-nya digambarkan pada milestone dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Tahun 2015 Governance Excellence adalah upaya yang dilakukan oleh FIKOM UNASMAN dan Program Studi SI dan TI untuk memperbaiki struktur, fungsi, dan proses menuju good governance institution.
  2. Tahun 2016 Academic Excellence adalah upaya yang dilakukan oleh FIKOM UNASMAN dan Program Studi SI dan TI untuk memperbaiki fungsi, proses dan layanan akademik dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi Web Engineer dan Database Engineer.
  3. Tahun 2017 Research Excellence adalah upaya yang dilakukan oleh FIKOM UNASMAN dan Program Studi SI dan TI untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian mulai dari proses sampai dengan output yang berguna bagi masyarakat khususnya pemerintahan dan perusahaan.
  4. Tahun 2018 Global Networking adalah upaya yang dilakukan oleh FIKOM UNASMAN dan Program Studi SI dan TI untuk membuka dan meningkatkan peluang kerja sama baik itu tingkat lokal, wilayah dan nasional.
  5. Tahun 2019 Global Recognition adalah suatu arah yang dijadikan sebagai landasan atau kerangka fikir dan kerangka kerja bagi FIKOM UNASMAN dan Program Studi SI dan TI sebagai modal dasar ataupun tolak ukur tercapainya good institution governance dalam menghadapi persaingan global.

Tonggak capaian ini diuraikan dalam sasaran dan strategi fakultas ilmu komputer. Ada 16 (enam belas) sasaran strategis yang ingin dicapai oleh FIKOM UNASMAN selama periode tahun 2015 – 2019 yaitu :

  1. Memiliki Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang Sangat Jelas dan Sangat Realistik
  2. Sosialisasi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran bisa sampai kepada para alumni dan pengguna jasa.
  3. Menjadi fakultas yang baik yang mengimplementasikan prinsip good institution Governance.
  4. Sistem administrasi akademik, dan keuangan telah berjalan sesuai dengan statuta dan mengacu pada SOP.
  5. Terwujud sistem database yang lengkap dan selalu di mutakhirkan.
  6. Terwujudnya kepemimpinan organisasi, operasional dan publik yang baik di FIKOM UNASMAN.
  7. Memastikan terlaksananya kegiatan mulai dari institusi sampai dengan prodi dan unit kerja mengacu pada renstra dan pelaksanaannya sesuai dengan SOP.
  8. Prosentasi jumlah penerimaan mahasiswa baru melalui jalur PMB semakin meningkat untuk setiap tahunnya.
  9. Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur non-PMB didasarkan atas prestasi akademik semasa studi di tingkat pendidikan menengah, bukan semata-mata dari aspek kemampuan ekonomi.
  10. Fasilitas yang disediakan untuk kegiatan soft skill dan hard skill bagi mahasiswa terus dikembangkan dan bersifat adaptable terhadap tuntutan kebutuhan stakeholdIer.
  11. Tersedianya fasilitas bimbingan dan konseling, dan kesehatan bagi mahasiswa
  12. Meningkatnya jumlah penerima beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu untuk setiap tahunnya.
  13. Terpenuhinya proses pembelajaran yang berbasis pada kompetensi secara konsisten dan konsekuen.
  14. Ketersediaan sistem data base yang berbasis pada knowledge management dan ICT, serta pengelolaan yang profesional sehingga terwujud jaringan komunikasi yang efektif dan efisien antara PS, alumni, dan stakeholder lainnya.
  15. Terjalin berbagai kerjasama dengan alumni dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  16. Memiliki SDM Dosen yang mempunyai kinerja baik, berdedikasi tinggi dan loyal kepada institusinya
  17. Memiliki sumberdaya Dosen dengan jumlah cukup sesuai dengan standard yang ada.
  18. Memiliki SDM Dosen yang mempunyai kinerja baik, berdedikasi tinggi dan loyal kepada institusinya.
  19. Memiliki SDM Tenaga Kependidikan yang berkemampuan dan berketrampilan tinggi dan loyal kepada institusinya
  20. Memiliki sumberdaya Dosen dan Tenaga Kependidikan dengan jumlah cukup sesuai dengan standard yang ada
  21. Memiliki kurikulum berbasis KKNI yang menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.
  22. Memiliki perangkat pembelajaran yang efisien dan efektif.
  23. Terciptanya suasana akademik yang kondusif.
  24. Penggunaan sarana dan prasarana pendidikan yang optimal.
  25. Peningkatan perolehan paten, publikasi ilmiah dan tulisan berbentuk buku
  26. Adanya Buku Ajar untuk sebagian besar mata kuliah yang ada
  27. Program studi memiliki perencanaan alokasi dan pengelolaan dana sesuai dengan proporsionalitas pendapatan anggaran masing-masing.
  28. Dana operasional bagi kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat yang sesuai stándar.
  29. Tersedianya fasilitas, ruang, sarana dan prasarana untuk kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat yang sesuai stándar
  30. Meningkatnya prestasi mahasiswa
  31. Meningkatnya jumlah dan kualitas prasarana yang dalam proses pembelajaran (termasuk bahan kepustaaan, sarana pembelajaran) dan penelitian sesuai dengan ketetapan berbagai standar.
  32. Meningkatnya jumlah dan kualitas prasarana sarana dan prasarana laboratorium baik untuk tujuan pembelajaran maupun untuk tujuan penelitian sesuai dengan ketetapan berbagai standar.
  33. ertambahnya dana opersional untuk perawatan sarana dan prasarana pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyaratakat.
  34. Makin meningkatnya sistem informasi, fasilitas e-learning guna keperluan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyaratakat.
  35. Menghasilkan produktivitas dan mutu yang tinggi hasil penelitian dosen dalam kegiatan penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama, dan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan tersebut.
  36. Menghasilkan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa program studi yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan (kerjasama, karya, penelitian, dan pemanfaatan jasa/produk kepakaran).
  37. Menghasilkan jumlah dan mutu kerjasama yang efektif yang mendukung pelaksanaan misi program studi dan institusi dan dampak kerjasama untuk penyelenggaraan dan pengembangan program studi.
  38. Menghasilkan produktivitas dan mutu yang tinggi hasil penelitian dosen dalam kegiatan penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama, dan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan tersebut.
  39. Menghasilkan kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa program studi yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan (kerjasama, karya, penelitian, dan  pemanfaatan jasa/produk kepakaran).