Fikom Unasman Simulasikan Pembelajaran Digital Di SMP Negeri 4 Polewali

Foto untuk : Fikom Unasman Simulasikan Pembelajaran Digital Di SMP Negeri 4 Polewali

Sebagai realisasi penerapan Industri 4.0, pihak kampus Universitas Al Asyariah Mandar yakni Fakultas Ilmu Komputer berupaya meningkatkan kapasitas guru tidak hanya paham mengenai ilmu pembelajaran tapi juga teknologi, informasi dan komunikasi. Dalam hal ini Fakultas Ilmu Komputer melakukan kerja sama dengan pihak sekolah SMP Negeri 4 Polewali dalam pelaksanaan simulasi pembelajaran digital mengingat peran guru dalam pendidikan sangatlah berpengaruh terhadap minat belajar siswa(i).

Kegiatan kerja sama ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2019, dalam rangka Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMP Negeri 4 Polewali Kecamatan polewali Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat melalui kegiatan pendampingan penyusunan bahan ajar berbasis macromedia flash yang mulai digarap.

Akhmad Qashlim, S.Kom. M.Kom yang merupakan dosen Fakultas Ilmu Komputer UNASMAN yang menjadi salah satu Narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi Sosialaisasi Perkenalan Macromedia Flash sebagai media pembelajaran yang dilengkapi dengan contoh-contoh penggunaannya baik pada sajian materinya, latihan, maupun games yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Dimana minat dan motivasi ini merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran yang sering dijumpai guru dalam kelas, khususnya pada guru matematika.

Pelaksanaan kegitan PKM ini selain kegiatan sosialisasi, guru juga didampingi dalam menyusun bahan ajar berbasis macromedia flash, mulai dari penyusunan perangkat pembelajaran berupa RPP sampai pada  media pembelajaran yang terdiri dari materi, latihan dan tugas dalam bentuk games. Selain itu, hasil kegiatan pendampingan diimplementasikan dalam pembelajaran berupa simulasi pembelajaran dalam kelas menggunakan media Macromedia flash.

“Harapan kami, penerapan simulasi pembelajaran digital menggunakan macromedia flash ini sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dapat lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran baik pada mata pelajaran IPA ataupun matematika”, tambah fatimah selaku salah satu anggota tim dalam kegiatan PkM tersebut. Kegiatan Pendamping pada program ini  berlangsung selama tiga bulan terhitung sejak bulan Mei hingga Juli lalu. Sementara itu, proses simulasi kegiatan pembelajaran diterapkan pada bulan Juni. (Hsrd).
 

Sidebar 3
Sidebar 2